Mikrotik tutorial setup and configuration failover load balance mikrotik vpn mikrotik hotspot mikrotik dude user manager dhcp server using script and winbox. Download winbox for windows mac android here..

Cara Setting VLAN Trunk dan Access Port antar Mikrotik Dengan Menggunakan Bridge

No comments
Secara umum VLAN adalah suatu metode jaringan yang terdiri dari beberapa alamat network (LAN) yang dapat dikonfigurasi secara virtual pada satu lokasi fisik. Jumlah maksimum penomoran VLAN adalah 4095. Masing - masing VLAN ini diperlakukan sebagai subnet yang terpisah atau broadcast domain. Setiap perangkat yang ada didalam VLAN dibatasi hanya dapat berkomunikasi dengan perangkat lain yang masih berada pada VLAN itu sendiri. Pada mikrotik sudah mendukung VLAN over VLAN / 802.1QinQ / 802.1ad.

cara setting vlan trunk dan access port antar mikrotik dengan menggunakan interface bridge

Pada RouterOS, VLAN dapat diimplementasikan dalam perangkat switch ataupun router secara bersamaan. Selain itu juga VLAN pada mikrotik ini dapat berjalan pada perangkat wireless atau interface bridge. VLAN tidak dapat berjalan jika diletakkan pada interface wireless pada mode station.
Keuntungan menggunakan VLAN
Dibawah ini ada beberapa keuntungan jika kita menggunakan VLAN, yaitu :
1. Dapat membuat beberapa jaringan LAN dalam satu interface fisik.
2. Membuat jaringan lokal menjadi lebih simple atau sederhana
3. Beberapa broadcast domain berada dalam satu interface fisik
4. VLAN dapat meningkatkan keamanan dan manajemen jaringan yang berbeda dalam satu interface tunggal
5. Hemat biaya
Parameter VLAN
Parameter VLAN dibagi menjadi dua, yaitu antara lain
1. Edge Port (Untagged VLAN)
Dalam perangkat cisco, edge port ini disebut sebagau Access Port. Switch port yang sudah dikonfigurasi adalah sebagai bagian dari VLAN. Pada port ini tidak mengirimkan 4 byte vlan tag dan digunakan untuk perangkat yang tidak melalui VLAN, seperti komputer, printer, server, dan lain sebagainya.
2. Core Port (Tagged VLAN)
Dalam perangkat cisco, core port ini disebut sebagai Trunk Port. Switch port ini dikonfigurasi untuk mengirimkan 4 byte atau lebih VLAN tag dan digunakan untuk perangkat yang mendukung teknologi VLAN seperti switch, switch manageable, router dan lain sebagainya.

Untuk melakukan setting atau konfigurasi VLAN pada mikrotik ini sangat mudah, akan tetapi bagi para pengguna yang belum pernah melakukan hal tersebut dapat dibilang sangat susah. Dibawah ini ada cuplikan video mengenai cara setting vlan antar mikrotik. Mikrotik yang digunakan untuk percobaan menggunakan RB1100 dan RB 450G. Cara ini juga dapat berlaku pada mikrotik RB750 dan seri lainnya.


No comments :